Categories
Perikanan

Budidaya Ikan Cupang/Hias

Budidaya Ikan Cupang/Hias

Budidaya Ikan Cupang/Hias

Definisi Ikan Cupang/Hias

Ikan Cupang adalah salah satu ikan hias yang mudah diawetkan. Budidaya ikan cupang tidak membutuhkan lahan yang luas dan modal yang besar. Ini dapat dilakukan sebagai bisnis berbasis rumah.

Ikan cupang (Betta sp.) Ikan air tawar dari daerah tropis. Banyak dari mereka ditemukan di perairan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Di alam liar, ikan ini hidup berkelompok. Habitatnya tenang di rawa, danau, dan sungai.

Salah satu karakteristik ikan yang lebih baik adalah daya tahannya. Anda dapat hidup di lingkungan air yang kekurangan oksigen. Dapat disimpan dalam toples kecil tanpa menggunakan aerator. Kemampuan ini tercapai karena ikan terbaik memiliki rongga labirin seperti pada paru-paru manusia. Labirin dapat membantu Anda bertahan hidup di lingkungan yang miskin oksigen.


Jenis Ikan Cupang

Menurut para amatir, ada dua jenis ikan yang lebih baik, yaitu dekorasi yang lebih baik dan nama yang lebih baik. Betta terus menikmati keindahan ornamen, bentuk, warna, dan gerakan. Namun, pertarungan cupang terus berlanjut. Ingat, mereka berjuang lebih baik, termasuk tindakan ilegal di beberapa negara.

Ornamen dan perkelahian Betta dibedakan oleh sifat dan bentuk agresifnya. Untuk informasi lebih lanjut, lihat Betta Betta dan Betta Betta.
Komunitas ilmiah mencatat lebih dari 73 spesies ikan terbaik yang ada di dunia.

Namun, tidak semua spesies ini populer sebagai ikan peliharaan. Spesies ikan Betta di pasaran terutama berasal dari kelompok kompleks splendens yang terdiri dari Betta splendens, Betta stiktos, Betta mahachai, Betta smaragdina dan Betta imbellis. Serta varian hasil transisi dari spesies ini. Juga lihat spesies ikan yang lebih baik.
Pilihan terbaik batang bawah ikan
Untuk memulai budidaya ikan yang lebih baik, langkah pertama untuk mempersiapkan adalah untuk mendapatkan produsen atau bibit yang berkualitas. Peternak yang baik harus berasal dari keturunan unggul, dalam kondisi baik, bebas dari penyakit dan cacat lahir. Simpan batang bawah jantan dan betina secara terpisah.

Tips untuk membedakan cupang pria dan wanita

Pria: gerakan lincah, sirip besar dan ekor melebar, warna lebih cerah, tubuh lebih besar. Betina: gerakan lebih lambat, sirip dan ekor lebih pendek, warna kusam, tubuh lebih kecil. ”

Sebelum bertelur, pastikan batang bawah jantan dan betina sudah dalam tahap gonad matang atau siap kawin. Karakteristik batang bawah yang ditunjukkan siap untuk menikah adalah sebagai berikut.

Untuk cupang laki-laki:

Paling tidak berumur 4-8 bulan
Bentuk tubuh panjang
Siripnya panjang dan warnanya cerah dan menarik.
Gerakannya agresif dan gesit.

Untuk wanita cupang:

3-4 bulan
Bentuk tubuh bulat, perut agak melotot
Siripnya pendek dan warnanya kusam dan tidak menarik.
Gerakan lambat

Sumber : https://anekabudidaya.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *